Wednesday, November 25, 2020

Mengenal Do Won, Eks Cleaning Service yang Raup Rp 43,5 T dari Jual Baju

 Mengenal Do Won, Eks Cleaning Service yang Raup Rp 43,5 T dari Jual Baju



Profesi seseorang belum tentu melambangkan masa depan orang tersebut. Seperti Do Won Chang, si pebisnis fashion kenamaan yang mengawali semuanya dari profesi petugas kebersihan. 

Perang Korea yang terjadi pada 1980-an membuat Do Won Chang bersama istrinya, Jin Sook, hidup melarat dan kelaparan. Keadaan semenanjung Korea yang sedang diperebutkan oleh kubu Utata dan Selatan membuat masyarakat di sana hidup dalam kemiskinan. 

Akhirnya, pada 1981 Do Won Chang memboyong istrinya hijrah ke tanah Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, Do Won dan Jin Sook tak kemudian lepas dari jerat kemiskinan. 

Do Won tak membawa mimpi apapun kala pergi mengadu nasib ke negeri adidaya itu. Satu-satunya hal yang mereka pikirkan hanyalah menghindari kecamuk perang Korea yang menyengsarakan. 

Demi bertahan hidup di AS, Do Won harus menjalani tiga profesi sekaligus setiap harinya. Pada pagi, Do Won akan bekerja sebagai pelayan di sebuah kedai kopi. Masuk siang hari, ia akan jadi petugas pom bensin. 

Setelah lelah bekerja pada pagi dan siang, Do Won tak kemudian pulang ke kediamannya untuk beristirahat, ia justru lanjut pergi bekerja sebagai seorang petugas kebersihan. 

Kerja keras Do Won dan Jin Sook memang tidak sia-sia. Mental pekerja keras itu terus mereka rawat hingga uang tabungan yang mereka miliki menumpuk dan cukup untuk membangun kehidupan baru. 

Akhirnya, berbekal uang tabungan bersama, sepasang suami istri itu membuka sebuah toko pakaian di Highland Park, Los Angeles pada 1984, atau hanya tiga tahun sejak kedatangannya ke AS. 

Naka toko pakaian yang didirikannya agak unik, yakni Forever 21. Katanya, ia ingin membuat para pelanggan selalu merasa berusia 21 tahun dengan pakaian yang ia produksi. 

Harga yang murah, ditambah dengan kualitas yang bagus, membuat Forever 21 semakin dikenal dan namanya semakin melambung. Tentu saja, keuntungan yang didapat juga semakin banyak. 

Kini, setelah 36 tahun berdiri, Forever 21 tak hanya ada di Highland Park saja, melainkan juga tersedia di 48 negara dengan 790 toko. Melalui Forever 21, Do Won dan Jin Sook juga memberikan lapangan pekerjaan kepada lebih dari 43.000 orang dari berbagai negara. 

Menurut catatan Forbes (diakses pada 4 November 2020, pukul 11.31 WIB), per tahun 2019, harta kekayaan Do Won Chang dengan sang istri, Jin Sook, adalah sebesar 3 miliar dolar AS atau senilai Rp 43,6 triliun (kurs: Rp 14.556).

Mengenal Do Won, Eks Cleaning Service yang Raup Rp 43,5 T dari Jual Baju Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment