Wednesday, November 25, 2020

Billy dan Janji Jiwa, Sukses Tembus Kembangkan 700 Gerai dalam 2 Tahun

 Billy dan Janji Jiwa, Sukses Tembus Kembangkan 700 Gerai dalam 2 Tahun


Kopi kekinian sudah banyak macamnya sekarang. Namun, salah satu brand kopi lokal, Janji Jiwa, bisa menerobos persaingan dengan hasil yang memukau. Janji Jiwa mendapat penghargaan dari rekor MURI untuk “Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat dalam Satu Tahun”. 

Penghargaan yang diberikan pada Desember 2019 lalu itu pantas diberikan kepada Billy Kurniawan selaku pendiri brand kopi ini, karena telah berhasil mendirikan 700 gerai kopi yang tersebar di 50 kota besar di Indonesia hanya dalam satu tahun. 

Di tengah persaingan brand kopi internasional dan banyaknya kedai kopi berkonsep unik, pencapaian ini boleh dibilang luar biasa. Meski pertumbuhannya yang cepat, pencapaian ini tidaklah diraih Billy dalam semalam. Banyak lika-liku yang harus dilalui oleh Billy. 

Setelah lulus dari Seattle University pada 2017, Billy sempat merintis bisnis minuman dari bubble tea bernama Calais. Sebenarnya ia cukup sukses dengan bisnis tersebut karena sudah membuka sebanyak 40 gerai. Namun, Billy ternyata lebih tertarik untuk mengembangkan bisnis kopi. 

Dengan Rp 70 juta modal yang didapat dari penjualan saham bisnis sebelumnya, Billy kemudian membuka Janji Jiwa pada 2018. Mulanya, bisnis barunya tersebut hanya mampu menjual 10 gelas dalam sehari. Bahkan, kantornya yang terbuat dari kontainer bekas dulu hanya diisi oleh 5 karyawan.
 
Berkat tekad dan kerja keras, Billy membuktikan bahwa semua akan indah pada waktunya. Kini, Janji Jiwa sudah mempekerjakan sebanyak 2.800-3.000 karyawan di seluruh gerai yang ada. Tak hanya itu, kini Janji Jiwa juga mampu menjual hingga 5 juta gelas per bulannya. 

Uniknya, kesuksesan Billy tersebut tercapai tanpa suntikan dana dari modal ventura manapun. Janji Jiwa justru membantu perekonomian petani kopi di suatu desa di Sumatera yang memberikan pasokan 32 juta ton kopi setiap bulannya. 

Menurut keterangan Billy, meski sudah terhitung sukses, Janji Jiwa terus melakukan promosi. Banyak langkah marketing yang membekas di benak konsumen. Salah satunya yaitu kolaborasi dengan merek kosmetik Benefit saat memperingati Hari Kartini. 

Janji Jiwa juga pernah melakukan kolaborasi dengan Sasa Santan untuk membuat menu choco latte (kopi, gula aren, dan santan). Ada juga yang bersama Muhammad Aga, barista yang mewakili Indonesia dalam kompetisi World Barista Championship 2018. Terakhir, Janji Jiwa menjadi partner kopi resmi film Gundala.
 
Untuk mengembangkan bisnisnya, Billy mengaku memiliki target membuka target 1.000 gerai pada kuartal pertama tahun 2020. Namun, rencana tersebut terpaksa diurungkan akibat pandemi Covid-19. Sejak Mei 2020, gerai Janji Jiwa sudah bertambah menjadi 800 gerai di seluruh Indonesia.

Billy dan Janji Jiwa, Sukses Tembus Kembangkan 700 Gerai dalam 2 Tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment