Wednesday, November 25, 2020

Zhang Yong, Pernah Putus Sekolah Kini Pengusaha Resto Ber Aset Rp 302 T

 Zhang Yong, Pernah Putus Sekolah Kini Pengusaha Resto Ber Aset Rp 302 T


Meski sekolah memang sangatlah penting, tetapi nasib seseorang tetap ditentukan oleh kesungguhan dan kerja keras yang ia lakukan. Kesiapan melalui proses yang panjang juga menjadi salah satu kunci. 

Seperti halnya Zhang Yong, seorang taipan restauran bernama Haidilao International Holding Ltd. asal Singapura yang sukses besar meski ia sempat putus sekolah karena keterbatasan biaya. 

Seperti disebutkan di awal, Zhang Yong yang lahir dari kalangan keluarga miskin harus terseok-seok berusaha mencari biaya pendidikan untuk masa depannya sendiri. Namun, keadaan sudah sangat sulit sehingga membuatnya putus sekolah. 

Pria kelahiran Tiongkok tahun 1969 itu kemudian hijrah bersama keluarganya ke Asia Tenggara, tepatnya Singapura. Di sana, ia bekerja tukang las. Memang, apapun dilakukannya demi menyambung hidup. 

Pekerjaannya tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan pribadinya sehari-hari dengan sang istri. Tak begitu lama bekerja sebagai tukang las, Zhang Yong mengalami nasib baik. Ia diterima bekerja di sebuah pabrik traktor. Di sana, ia menjadi teknisi. 

Menjadi karyawan yang punya gaji tetap tak membuat Zhang Yong bahagia. Selain lingkungan kerja yang membuatnya tak nyaman, Zhang Yong lebih terobsesi untuk punya usaha sendiri. 

Suatu ketika, untuk membiayai mimpinya itu, Zang Yong meminjam uang kepada tiga orang temannya untuk membuka sebuah usaha. Kepada teman-temannya, Zhang meminjam sebesar 10 ribu yuan atau senilai Rp 21 juta (kurs: Rp 2.150). 

Uang tersebut kemudian ia jadikan modal untuk membuka sebuah restoran hotpot. Fakta uniknya, hingga berusia 19 tahun, Zhang Yong tak pernah makan di restoran apalagi memakan hotpot. 

Namun, keberanian dan jiwa bisnisnya tetap mengatakan bahwa ia harus membuka sebuah restoran hotpot. Akhirnya, berdirilah Haidilao selepas Zhang keluar dari pekerjaannya pada 1994 silam. 

Hingga kini, restoran buatannya itu telah memiliki hampir 460 toko yang berdiri di berbagai kota di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Korea Selatan, Jepang, Australia, Kanada, Singapura, hingga Malaysia. 
Menurut catatan Forbes (diakses pada 8 November 2020, pukul 11.02 WIB), kekayaan bersih yang dimiliki oleh Zhang Yong sebesar 21,3 miliar dolar AS atau senilai Rp 302 triliun (kurs: Rp 14.214).

Zhang Yong, Pernah Putus Sekolah Kini Pengusaha Resto Ber Aset Rp 302 T Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment