Tuesday, January 21, 2020

Inspirasi Ostha & Fordive, Pemuda Surabaya Yang Dorong Pemulihan Ekonomi Lokal di Tengah Pandemi

Inspirasi Ostha & Fordive, Pemuda Surabaya Yang Dorong Pemulihan Ekonomi Lokal di Tengah Pandemi



Menyambut Hari Pahlawan, platform Tokopedia membagikan dua kisah inspiratif pegiat usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM milenial asal Surabaya, yaitu Galih Argian (Ostha) dan Briandy Putra (Fordive), yang tetap berjuang mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui pemanfaatan teknologi.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengemukakan, pegiat usaha lokal yang memanfaatkan platform digital, seperti Ostha dan Fordive diharapkan lebih tangguh mempertahankan bisnis dan menjaga lapangan pekerjaan tetap tersedia di tengah pandemi COVID-19.

“Mereka adalah contoh 'pahlawan' milenial yang membantu perekonomian daerah. Berkat mereka, transaksi daring yang terjadi di Surabaya melalui Tokopedia meningkat menjadi lebih dari 1,5 kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi,” tambah Ekhel dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Rabu malam, 11 November 2020.

Galih Argian (25), lulusan desain produk asal Surabaya, tertarik memulai usaha produk berbahan kulit Ostha sejak 2015, dilansir dari Antara.

"Awalnya saya hanya fokus menjual sepatu formal dan boots kulit, tetapi ternyata tidak terlalu laris. Untuk itu, saya membuat produk lain yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat, mulai dari dompet, lanyard hingga sabuk kulit," cerita Galih.

Dalam menjalankan usahanya, Galih menggunakan bahan baku lokal berkualitas yang tidak kalah bersaing dengan produk kulit impor, yaitu kulit nabati (vegetable tanned leather). Ia juga bekerja sama dengan para penyamak kulit dari Magetan, Magelang, dan Yogyakarta.

"Penggunaan kulit nabati ini menjadi keunikan produk Ostha. Selain ramah lingkungan, karena disamak menggunakan bahan alami berupa ekstrak pepohonan, kulit nabati memiliki ciri khas warna natural yang berubah seiring waktu," terang Galih.

Kondisi pandemi membuat Galih Argian sepenuhnya fokus berjualan lewat platform digital, seperti Tokopedia. Ia memanfaatkan berbagai fitur marketplace itu, salah satunya TopAds.

'Fitur ini sangat membantu dalam memudahkan pelanggan untuk mencari produk saya. Terbukti, selama delapan bulan terakhir, penjualan Ostha meningkat hingga empat kali lipat," ujarnya dengan menambahkan pembeli produknya juga banyak dari luar Surabaya, mulai Medan hingga Papua.

Inspirasi Ostha & Fordive, Pemuda Surabaya Yang Dorong Pemulihan Ekonomi Lokal di Tengah Pandemi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment