Wednesday, December 18, 2019

Kisah Alumni IPB Sukses Dirikan YatimOnline


 Kisah Alumni IPB Sukses Dirikan YatimOnline

Baban Sarbana merupakan salah satu alumni IPB University yang sukses dengan kegiatan sosialnya.  Dalam acara Alumni Insights bertajuk Getting Motivated and Learning to Succeed: ‘Become a TechnoSociopreneur’, Baban membagikan kisah menarik dari bisnisnya. 

“TechnoSociopreneur menurut saya adalah bentuk aktivitas bisnis yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah sosial dengan bantuan teknologi,” ujar Baban yang pernah tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komputer, IPB University itu. 

Sejak 2003, Baban sudah mendirikan sebuah yayasan sosial yang masih ada hingga sekarang yakni Yayasan Pusat Pembelajaran Ilmu Berguna. Yayasan tersebut bergerak di bidang sosial, pendidikan dan keagamaan. Kemudian pada Maret 2010, Baban mendirikan Pondok Yatim Mandiri dengan gerakan sosialnya bernama YatimOnline. 

YatimOnline telah mendapatkan beberapa penghargaan sosial seperti penghargaan Aksi Inspiratif KlikHati Award 2010, penghargaan sebagai Ten Outstanding Young Person 2012 dari Junior Chamber International - Indonesia dan beberapa penghargaan sosial lainnya. 

“Fokus kegiatan YatimOnline di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Di bidang pendidikan, YatimOnline mendirikan Rumah Pintar Ciapus, Raudhatul Athfal An-Nahlya (pendidikan anak) dan Pustaka Desa. 

Selain itu, YatimOnline juga memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi. Di bidang kesehatan, secara rutin kami melakukan program Dokter Keluarga Yatim Dhuafa. Yaitu pelayanan kesehatan gratis kepada warga yang dilaksanakan tiga bulan sekali serta Rumah Tulis (Rutil, " ujar Baban. 

Dalam bidang ekonomi, YatimOnline membentuk kelompok usaha bernama Yatim Dhuafa yaitu lembaga rintisan micro finance yang memberikan pinjaman bagi para bunda Yatim Dhuafa yang memiliki usaha yang sudah berjalan dan memerlukan bantuan modal. Ada juga Taruna Wirausaha, peluang bekerja atau yang sedang berusaha bagi anak-anak yang ingin menambah penghasilan. Dan rintisan Sedawai (Sekolah Desa Wirausaha Indonesia). 

Menurut mahasiswa doktoral Komunikasi Pertanian dan Pengembangan Desa, IPB University ini, YatimOnline menyantuni dan membina kurang lebih 50 anak yatim dhuafa dan memberikan pinjaman dana usaha bagi 30 bunda yatim dhuafa serta memberikan pelayanan kesehatan kepada 1000 warga di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Jumlah binaan dan penerima manfaat YatimOnline akan terus diperluas sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Ke depannya, YatimOnline akan memposisikan diri sebagai salah satu lembaga pemberdaya Yatim Dhuafa agar mampu mandiri dan menjadi solusi bagi masyarakat sekitarnya. 

“Kami yakin, kehebatan kita bukan karena kenal dengan orang-orang kuat, akan tetapi bisa jadi karena terkabulnya do'a orang-orang lemah yang kita bantu dengan ikhlas,” ujar Baban.  
 
Pada tahun 2012 Baban juga membangun usaha di bidang literasi terutama dalam jasa pembuatan komik dan buku yang bernama CV Sukses Berkah Mandiri. Selanjutnya sejak 2016, Ia memulai membuka jasa training dan konsultasi penerbitan dan event organizer. 

Selain kegiatan sosialnya yang seabrek ia juga aktif menulis. Belasan buku sudah ia terbitkan. Salah satunya Wirausaha Bermodal Nol Rupiah yang ia tulis bersama Helmy Yahya pada tahun 2009 dan Tapak Tilas Barack Obama yang diterbitkan pada 2010 oleh  PT Elexmedia Komputindo. Ia juga sudah mempublikasi dua komiknya yang ia gagas bersama temannya. Judulnya Petualangan Jogi dan Azka dan  Pendekar 2 Sumpit. 

“Beberapa bulan ini saya dan teman saya berencana menerbitkan tulisan kami. Mohon doanya semoga lancar,” ujar Baban.

Kisah Alumni IPB Sukses Dirikan YatimOnline Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment