Wednesday, October 11, 2017

Kisah Cinta di Balik Sukses 4 Bos Teknologi China


 Kisah Cinta di Balik Sukses 4 Bos Teknologi China

Banyak orang bilang kalau bulan Februari adalah bulan penuh cinta. Walaupun Hari Kasih Sayang atau Valentine yang jatuh setiap 14 Februari telah berlalu, tidak ada salahnya menengok kisah cinta dari empat bos teknologi asal China. 

Keempat pemimpin perusahaan teknologi ini memang menjadi perhatian karena sukses mengembangkan bisnisnya hingga tidak dikenal di Negeri Tirai Bambu saja, tapi juga di dunia. 

Di balik kesuksesannya dalam membangun bisnis masing-masing hingga menjadi kaya raya, ternyata mereka memiliki sosok pasangan yang senantiasa mendampingi mereka.  

Bagaimana kisahnya? Simak ceritanya berikut ini, seperti dirangkum dari AllTechAsia. 

1. Jack Ma 

Jack Ma, yang kini berusia 53 tahun merupakan pendiri Alibaba, raksasa e-commerce di China. Ia bertemu dengan istrinya Zhang Ying saat ia kuliah di Hangzhou Normal University. Ma menerima gelar sarjana pada tahun 1988, setelah itu Ma dan sang kekasih, Zhang, melangsungkan pernikahannya. 

Jack Ma mendirikan Alibaba pada April 1999, ketika istrinya Zhang telah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya dan bergabung dengan Ma dalam membangun kerajaan e-commerce itu di Alibaba. 

Pada tahun 2004, Alibaba berhasil mencapai titik balik kesuksesan yang penting, ketika ia berhasil mengumpulkan 82 juta dolar AS dari beberapa investor. Kesepakatan itu adalah salah satu komitmen ekuitas swasta terbesar yang pernah terjadi di sektor Internet China.  

Kemudian, akhir tahun itu, Zhang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai General Manager Alibaba dan beralih menjadi ibu rumah tangga. Pasangan ini dikaruniai anak laki-laki, Ma Yuankun dan perempuan, Ma Yuanbao. 

Zhang menjadi salah satu sosok yang sangat berpengaruh dan selalu ada di sisi Ma sejak awal membangun Alibaba. Keterlibatan sang istri di Alibaba membantu Ma dalam membentangkan sayapnya dan membuat perusahaannya menjadi raksasa e-commerce. 

Zhang kini menjadi sosok ibu rumah tangga yang mengurus anak-anaknya. Tapi, semangat dari Zhang terus menemani Ma dalam setiap langkahnya berbisnis dan menjadi salah satu orang terkaya di China. 

2. Ma Huateng 

Pria yang dijuluki "Pony Ma" ini adalah CEO raksasa internet China, Tencent. Ia memiliki kisah unik yang berhubungan dengan perusahaan yang didirikannya itu dan istrinya.  

Huateng mendirikan Tencent pada tahun 1998. Menariknya, Tencent tidak hanya membawa kesuksesan finansial bagi pria berusia 46 tahun ini, tapi juga membantunya menemui jodohnya. 

Pria yang kini berusia 46 tahun itu bertemu dengan istrinya Wang Danting di layanan chat room buatannya, QQ, tak lama setelah diluncurkan pada tahun 1999. Wang, yang tetap rendah diri, dilaporkan menjadi musisi, memainkan Erhu, sebuah instrumen tradisional Tiongkok. Huateng dan Wang memiliki satu anak perempuan bernama Ma Manlin. 

3. Richard Liu (Liu Qiangdong) 

Liu Qiangdong alias Richard Liu, berusia 44 tahun, adalah pendiri sekaligus CEO situs e-commerce China, JD.com. Istrinya, Zhang Zetian, ternyata sudah sangat terkenal di kalangan pengguna internet China sebelum bertemu dengan Liu. 

Zetian pertama kali terkenal pada usia 16 tahun ketika fotonya saat memegang sebotol teh susu jadi viral di dunia maya pada tahun 2009. Penampilannya itu membuat ia terkenal hingga ia mendapatkan julukan "Milk Tea Girl". 

Liu dan Zetian, yang terpaut usia 20 tahun, mulai bertemu satu sama lain ketika Zetian menjadi mahasiswa pertukaran di Barnard College saat musim gugur 2013 dan musim panas 2014. 

Tentu saja perbedaan usia yang jauh itu menjadi bahan gosip di China. Walau begitu, keduanya cuek dan kemudian mengumumkan jika keduanya memang berhubungan. 

Pada Oktober 2015, keduanya mengadakan upacara pernikahan mewah di dekat Great Barrier Reef, salah satu tempat wisata paling populer di Australia. Pada bulan Maret 2016, Zetian melahirkan seorang bayi perempuan.

Kisah Cinta di Balik Sukses 4 Bos Teknologi China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment