Saturday, June 10, 2017

Kisah Heru, Generasi Milenial di Kalbar yang Ingin Jadi Petani Sukses


 Kisah Heru, Generasi Milenial di Kalbar yang Ingin Jadi Petani Sukses

Heru Gianto, seorang mahasiswa berusia 23 tahun yang berasal dari Kabupaten Kubu Raya menggeluti dunia pertanian sejak tahun 2017. Ia bergabung dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kalimantan Barat.  

Kepada Hi!Pontianak, Heru mengatakan, memilih untuk menggeluti bidang pertanian karena ingin melanjutkan kelompok tani yang berjuang untuk masa depan pangan masyarakat di Kalbar.   

“Saya gabung Gapoktan sudah dari 2017, sekarang saya sedang kuliah. Kalau bukan dari kita (generasi muda) siapa yang akan melanjutkan bertani dan bercocok tanam, saya ingin menjadi petani yang sukses, ndak mungkinkan orang tua kita yang terus-menerus, siapa lagi yang mau melanjutkan,” bebernya saat ditemui di Kegiatan LC & Capacity Building 4.0 Gapoktan LDPM dan PUPM Provinsi Kalbar, Senin (18/11). 

Menanam hingga memanen padi digelutinya untuk memperjuangkan masa depan pangan keluarga dan masyarakat di Kalimantan Barat. Apalagi, ia juga telah menjadi anggota Gapoktan wilayah Kalbar. 

“Akhirnya saya ikut Gapoktan untuk memperdalam ilmu, gak ada disuruh orang tua, keinginan saya sendiri. Saya juga kuliah di Pertanian untuk lebih fokus belajar tentang sektor pertanian. Alhamdulillah saya bangga, untuk apa malu kalau tidak ada petani kita mau makan apa,” jelasnya.  

Menjadi petani yang sukses adalah harapan yang Heru canangkan. “Dari kegiatan Gapoktan, cari ilmu tentang pertanian. Sampai sekarang juga saya dan keluarga gak pernah beli beras juga karena sudah bisa menanam hingga memanen beras yang berkualitas,” tuturnya.

Kisah Heru, Generasi Milenial di Kalbar yang Ingin Jadi Petani Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment